#IndonesiaJujur Surat Tuk Ibu Guru

——————————————————

Kepada yang terkasih, Ibu Guruku..

Bu Guru, ingatkah Ibu padaku? Aku murid di Sekolah Dasar-mu, bertahun lalu. Mungkin Ibu tak ingat namaku, mungkin Ibu juga tak ingat wajahku. Tak apa, kutahu Ibu punya banyak anak didik. Tapi, aku tak lupa ajaranmu.

Masih kuingat, Ibu tuturkan padaku tentang sejarah kerajaan Indonesia hingga kisah kepahlawanan kemerdekaan. Ibu nyanyikan bagiku melodi-melodi indah khas daerah anak negeri. Ibu tunjukkan padaku gambar-gambar keindahan alam pertiwi dan kayanya tanah air.. Ibu ajar aku tentang harmoni Pancasila dan semangat nasionalisme. Ibu juga dendangkan segala untaian iman dan budi pekerti rakyat Indonesia. Sopan santun, toleransi, kerajinan, kebaikan, keadilan, kebenaran, dan kejujuran atau integritas. Yang membuatku semakin cinta dan bangga mengaku diri sebagai tunas bangsa Indonesia.

Courtesy: johnkellyrealestate.net

Tapi, Bu Guru, aku tak salah ingat kan? Benar bahwa kejujuran dan integritas itu Ibu senandungkan sejak aku kecil kan? Lalu, mengapa kudengar banyak kasus ketidakjujuran, korupsi dan penyelewengan di pemerintah dan pendidikan Indonesia? Lalu, mengapa kulihat orang dikucilkan dan hancur, karena bertindak jujur dan berani menyatakan kebenaran? Lalu, mengapa kurasakan orang memandang sinis ide kejujuran dan integritas?

Oh tentu Bu, kuakui aku bukan malaikat yang tak pernah tak jujur, dan aku tak suka itu. Tapi, percayalah, aku mencintai kejujuran dan integritas, itu bukti aku mencintai Tuhanku, karena itu aku berusaha untuk tetap berjalan di koridor itu.

Pertanyaanku, apakah sekarang konsep tidak jujur itu sudah dilegalkan? Sudah disahkan sebagai suatu nilai kebenaran? Apakah jujur dan penuh integritas itu sebuah dosa, yang membuat orang dikucilkan, dimaki, dan diperlakukan tidak adil? Apakah ide kejujuran dan integritas sudah tak sejalan dengan iman orang percaya? Tolonglah, beritahu aku, apa nilai bangsa Indonesia sekarang ini?

Dengan hormat dan penuh kasih,

dari remaja Indonesia

yang sedang bingung tentang kejujuran dan integritas ini.

Courtesy: gohsixuan.blogspot.com

——————————————————

Posting ini ditulis sebagai bentuk kepedulian terhadap Gerakan Moral #IndonesiaJujur. Baca beritanya dan berpartisipasilah. 🙂

© Jak – 120611 – 0130 ©

2 thoughts on “#IndonesiaJujur Surat Tuk Ibu Guru

  1. Pingback: #indonesiajujur: Suarakan dukunganmu akan kejujuran! | Bined

  2. Pingback: #indonesiajujur: Suarakan dukunganmu akan kejujuran! | Tolak Ujian Nasional

Leave Comment (s) :

