[S.Sos] 3 Jam Sebelumnya

Jam 10.00, ditemani Henry ke gedung C lantai 2. Tiga orang dosen pengujiku masih menguji orang pertama di Ruang Rapat.

Jam 11.15, Pak Otto menyuruh aku siap-siap di Lab. Media. Ujianku dimulai tanpa pembimbingku. Komputer di Laboratorium Media belum siap. Tak bisa  menunggu, aku pun ke TU meminta bantuan teknisi.

Presentasi berjalan lancar, seperti yang sudah aku latih bersama pembimbingku. Aku merasa tenang dan damai. Walau sempat agak bingung dengan beberapa pertanyaan, aku merasa diriku masih bisa tersenyum. Sedikit banyak ini karena dukungan dari Pak Jandy, di bagian belakang para penguji, beliau memberi kode menenangkanku. ^^

Akhirnya, keluarlah pertanyaan tak terduga. Aku dan pembimbingku sudah mengira, kalau pertanyaan ini muncul, maka akan jadi bumerang untukku. Aku tak mengerti tentang ini. Tentang tabel SPSS -arti dan bagaimana dapat angka itu-, dan tentang hipotesis angkanya.

Karena tidak begitu menguasai SPSS, aku tidak berani membantah. Ketua pengujiku akhirnya maju dan mengambil spidol, lalu menjelaskan di papan. Aku hanya mendengarkan dan mengangguk. Dia bilang:

Tau kamu?? Dari halaman 42 sampai belakang inii, salah semuaa. Harusnya gak perlu ada uji ini di penelitianmu

Kemudian, aku pun diminta keluar, waktunya dosen berdiskusi. Waktu keluar, aku tidak merasa takut, justru merasa lucu atas jawabanku yg tidak jelas di dalam ruangan. Akhirnya:

Hmm.. Kami tahu maksudmu ini baek, kebaruan penelitian, tapi kadang orang bisa jatuh karna hal yang kecil.. Yah, kmu kerja’in lagi laahh.. Waduuh, saya gak bisa kasi pengumuman kayak gini.. Nih, ambil sendiri aja..

Di sudut belakang, Bung Djoko yang kebetulan mampir sudah memberi isyarat jempol. Jadi, aku sudah tenang. Dan akhirnya, aku keluar ruangan sidang, melangkah pertama sebagai S.Sos.

08.12.09 – 11.00 – Lab Media. Saksi bisu kelulusanku.

Saksi tidak bisunya: Bu Inggrit dan Kak Jandy, dopingku terkasih. Pak Otto dan Pak Wolly, sebagai penguji. Dwik dan Angel, supporter setia.

Greatest thanks to my amazing Jesus.. ^^

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! (Roma 11:36)

© Sub – 111209 – 0047 ©

One thought on “[S.Sos] 3 Jam Sebelumnya

Leave Comment (s) :

