Nostal.Gila P3K’o5

Tulisan ini dibuat dengan komposisi rasa rindu, bangga, dan syukur..
Rindu mengingat memori nostalgia tahun 2005..
Bangga ada di kampus yang begitu peduli dengan mahasiswa..
Syukur merasakannya..

Sebenarnya hari ini ketika pulang dari perpustakaan, aku ingin segera pulang kos. Tapi begitu lift membuka, ternyata sedang ada sesi tanda tangan P3K MaBa 2009. Maka, masaku menjadi mahasiswa baru pun teringat kembali.

Kalau diminta mengingat tentang P3K MaBa 2005, aku akan ingat……

#Apel pagi di lapangan parkir P#
Jam 6 pagi, semua mahasiswa sudah harus ada di dalam lapangan apel. Kalau sudah jamnya, akan ada bunyi sirene. Sirene 1 bunyi, pintu 1 ditutup, dan mahasiswa diarahkan masuk lewat pintu 2. Mereka yang masuk lewat pintu 2 itu langsung masuk barisan terlambat.

Angkatan 2005, ingat tidak? Waktu hari ke-2, hampir separuh angkatan terlambat semua??

Apel pagi biasanya sampai sekitar jam 9. Barang bawaan disisir / diperiksa dengan seksama. Sesudah disisir di barisan, yang kedapatan salah diminta maju ke barisan evaluasi, lalu terakhir diberangkatkan dari lapangan apel. Hayooo, dulu pernah menyelundupkan barang apa saja, entah itu dibuang, dititip disembunyikan di tempat2 tidak wajar?? Inget tak??

Walaupun dijemur panas-panas, tapi selama menunggu proses sweeping, kita bisa kenalan sama teman sejurusan. Waktu di barisan eval, bisa kenalan sama teman lain jurusan. Walaupun tidak enak, ada perasaan senasib sepenanggungan dan ada cerita yang bisa dirasakan bersama.. Woooww, menyenangggkaannn… ^^

#Kelompook….#
Mari masing-masing mengingat pertama kalinya bertemu kakak pembimbing. Kalau aku, di lapangan hijau, bertemu kelompok Jend.A.Yani. Pertama kalinya mainan dan perkenalan di kelas. Aku juga masih bisa mengingatnya.

Seandainya dulu tidak ada kelompok kecil itu, aku pasti akan susah-susah kenalan satu per satu. Dengan kelompok ini, aku langsung punya teman baru 15 orang. Nanti dari 15 orang ini, saling mengenalkan ke teman-teman lainnya. Aku ingat mencari tanda tangan bersama Anne. Begitu ketemu temanku di jurusan lain, kukenalkan ke Anne untuk minta tanda tangan di buku kami. Begitu juga sebaliknya.

Ternyata, kelompok ini bertemu lagi di pelajaran tutorial etika. Aku juga masih ingat pertemuan pertama itu. Bagaimana dengan kalian??

#Kegiataaannn….#
Yang pasti kuingat dari hari pertama adalah menjahit tas!

Sampai sekarang pun, aku masih heran. Bagaimana pola-pola mudah itu bisa jadi tas ransel. Walaupun hanya dengan sumbu kompor, tapi bisa cukup kuat untuk menanggung beban barang bawaan pembinaan selama seminggu.
Ingat keplek yang bentuknya tangan orang??
Ingat buku perkenalan?? Kotak biasa untuk maba, gambar air untuk panitia, gambar rumah untuk LK?? Ingat jumlahnya?? Kalau tidak salah, 2 orang untuk masing-masing divisi ya?? Terus untuk HIMA, wajib minta 1 HIMA jurusan sendiri dan 1 HIMA lain. Harus ada 2 dari 4 lembaga (BEM/MPM/PTPIP/PELMA). Untuk banyaknya maba, tergantung banyaknya maba jurusan tersebut. Kalau tidak salah, ilkom 16 orang, manajemen 20 orang, sastiong 2 orang (tapi susah mencari anak sastiong yg hanya 10). Sayang sekali, bukunya tidak kembali padaku.

Waktu sesi tanda tangan, semua panitia menyebar di lapangan hijau. Ingat antrian super panjangnya ketua BEM di tengah lapangan?? Ingat kita harus nyanyi, ngajak kenalan atau apapun yang diminta panitia, baru bisa dapat tanda tangan?? Inget yel-yelnya divisi eval yang pake lagunya SailorMoon??
Inget kata-kata yang sering dipakai Keamanan “Ayo! Jalannya dipercepat, tapi jangan lari!!!

Waktu sirene tanda tangan selesai, apa yang kita lakukan???
Semua berlarian antri ke pos evaluasi. Ingat pos evaluasinya? Di gedung B (sekarang TU Fakultas Sastra). Loket evaluasinya kecil, barisannya hanya 4. Sementara yang antri untuk lapor plus menyerahkan rekap, sangat banyak. Hampir setiap hari pulang jam 6 sore.

Kalau tidak ke pos eval, mahasiswa akan ke papan pengumuman, untuk mencatat barang bawaan esok harinya atau pengumuman kata2 refleksi..
Aku inget kata-kata rekap yang kutulis. Aku telat 1x dan pake anting, jadi 2x rekap.

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak..”

Ingat rally campus??? Ingat talent show masing-masing jurusan?? Untuk anak ilkom 2005, kalian gila. Aku masi inget gaya Ricky dan Hizkia.

Sekarang, itu kenangan indah..
apalagi materinya sangat memberkati…
Di mana lagi, universitas begitu peduli terhadap gambar diri mahasiswa?? Peduli terhadap potensi dan tujuan hidup mahasiswa??

Bersyukur Tuhan kasih kesempatan di UK Petra.

Sesuai tema P3K 2006, aku ber-METAMORFOSIS, dari pola pikir SMA menjadi mahasiswa.
Sesuai tema P3K 2007, aku BERSYUKUR DAN BANGGA, menjadi bagian dari UK Petra. ^^
….. lupa tema P3K 2005

~~Sekian nostalgila dariku sore ini.

© Sub – 210709 – 1752 ©
Advertisements

Leave Comment (s) :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s