Kolokium!

Beberapa minggu ini, pembicaraan yang sedang tren di antara teman-temanku adalah tentang kolokium.. Pada dasarnya, kolokium itu seperti proposal Tugas Akhir, namun tidak hanya mengerjakan bab 1 saja, tetapi sekaligus sampai bab 3..

Terdengar mudah, hanya pendahuluan, teori dan metode.. Benar demikian? Kurasa tidak. Kalau mudah, jurusan tidak akan membuat kelas khusus untuk mahasiswa kolokium. Belum lagi, sidang dengan atmosfir komplit layaknya sidang skripsi. Ada seorang kakak kelasku yang harusnya bisa lulus 3,5 tahun, tapi karena kolokium gagal 3 kali, akhirnya mundur lulusnya..

Credit: kemahasiswaanpoltekkesjogja.blogspot.com

Untung jurusan masih ber-baik hati, membuat sistem 1 semester 2 tahap kolokium, jadi kalau gagal di tahap 1, masih bisa ikut tahap 2.. Hanya saja, kalau mengambil kolokium dan skripsi di semester yang sama, waktunya sangat sedikit untuk pengerjaan skripsi, hanya 1 bulan saja..

So, idealnya agar lulus tepat waktu, MK Kolokium diambil di Semester 7, bersama dengan MK Magang 2. Tentunya dengan persyaratan, tempat magang mengijinkan mahasiswa ijin beberapa jam dalam 2 hari seminggu, untuk mengikuti kelas kolokium.

Masalahku, sekarang aku magang di Jakarta, sampai bulan November.. Untuk mengikuti kelas tahap 2 yang dijadwal Oktober pun aku tak bisa. Jadilah, aku tidak mengambil kolokium semester ini..Apakah diriku bisa mengerjakan kolokium dan skripsi sekaligus semester depan?

Rata-rata mahasiswa, terutama yang magang di luar kota, sudah mempersiapkan mental untuk mundur 1 semester.. Terutama peminatan Corporate Communication. Tak bisa disangkali fakta bahwa peminatan ini lebih butuh waktu banyak untuk pengerjaan skripsi. Mungkin karena perusahaan punya waktu birokrasi yang lebih panjang..

Buat teman-teman yang lagi berjuang kolokium, ganbatte!! May God bless you all!! ^^

© Jak – 091008 – 1158 ©

Advertisements

7 thoughts on “Kolokium!

  1. hehe, mau ambil skarang atau semester depan, atau bahkan semester depannya lagi, emang ga ada yang perlu disesali.. smua punya ‘crita’nya masing2.. bright sidenya, km bs plan dr skarang, krn sem ini kan ngga mikir kul dg tugas dan ujian2nya.. first step (ngumpulin deskripsi) selesai, still a long way to go! haha..

  2. Couz, just enjoy what you choosed. Same with you, I’m not taking kolokium too, so it means that we will fight for it on the next semester! One thing that I belive, God will make everything beautiful in His own way.. Everything is always be okay in the end. because if it’s not, it’s not the end.. ^^

  3. # Tanz :
    gk menyesal kok sist. ada kabar apa tentang kelulusan kolo tahap 1???

    # BeBe :
    setuju, Be.. i believe in HIM.. ayuk be, sama2 berjuang kolo semester depan.. ^^

Leave Comment (s) :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s