Sampoerna Best Students Visit 2008: Behind The Scene UK Petra Team

Selamat datang, Mahasiswa Terbaik Indonesia!

Kalimat itulah yang tertulis di spanduk-spanduk, yang terpasang di setiap tempat kunjungan acara Sampoerna Best Students Visit 2008.

Courtesy: Khiko Rayesmara / edit:me

Acara ini mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa (yang katanya) terbaik dari 18 kampus dari seluruh Indonesia, termasuk almamaterku, Universitas Kristen Petra. Saya akan bercerita tentang proses unik tim kami sebelum hari H.

Lima orang perwakilan dari UK Petra untuk acara SBSV 2008 ini berasal dari 1 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi. Mengapa demikian? Entahlah. Partisipasi sebelumnya pun demikian. Ini partisipasi UK Petra yang kedua di acara ini.

Seleksi yang diadakan jurusan yaitu mahasiswa diminta mengirim esai tentang apa yang diharapkan akan didapat dari acara ini, berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi. Hasilnya hanya terpilih 2 esai yang berhak  ikut, yaitu Tansilia dan Widianti (BeBe). Suatu siang, aku dan kedua sahabatku (Nita & Elkana) dipanggil menghadap dosen. Waktu itu, (bukan) kebetulan, kami bertiga menjadi PIC untuk project kelas Manajemen PR. And as a reward for our hardwork, dosen tersebut menawarkan 3 kursi kosong di acara SBSV. What a surpriseWe know it happened only by His Grace.

Tim UK Petra / Credit: BeBe

Proses administrasi antara pihak kami – jurusan – Sampoerna, ternyata tidak berjalan mudah. Berkas kami tidak diterima pihak Sampoerna. Di hari terakhir, kami harus menyerahkan ulang semuanya, termasuk Surat Pernyataan Orang Tua. Sayangnya, orang tua Tansil dan Bebe sedang bekerja sementara orang tuaku, Nita dan Elkana tidak di Surabaya.

Akhirnya, dengan diburu waktu, kami membuat surat baru, kemudian meminta 5 orang kakak kelas untuk menjadi “orang tua” kami berlima. Sampai akhir acara, kami tidak tahu siapa tepatnya “orang tua” kami…

Here was the funny part.. :))

Selama proses registrasi dan administrasi, kami sempat diminta fotokopi KTP, nomor KTP dll. Waktu kami tanya untuk apa, pihak Sampoerna (sensor namanya red.) menyebutkan untuk pengurusan tiket ke Jakarta. Mungkin inilah euforia anak daerah, kami terlalu bahagia membayangkan ibukota. Keluarga dan kerabat di Jakarta kami hubungi. Kami juga cerita pada teman-teman, kami mau ke Jakarta!

Mungkin inilah euforia anak daerah, kami berlima terlalu bahagia membayangkan ibukota. Keluarga dan kerabat di Jakarta kami hubungi, juga cerita kepada teman-teman.

Suatu hari, kami berlima ke kantor Sampoerna di Rungkut untuk briefing singkat. Saat salah satu LO, Mas Sorba, bilang ada acara di Taman Dayu, kami sedikit banyak mulai menyadari ada yang salah, tapi lagi-lagi euforia ibukota menutup logika begitu kami dengar kata Bandara Juanda. Kami diberi tahu bahwa hari pertama, kami harus berkumpul di Bandara Juanda bagian Kedatangan.

Tak disangka tak dinyana, Bebe dengan polosnya bertanya,

“Mas, kalau kita ntar pulangnya dari Jakarta nggak bareng jadwal, nggak apa-apa??”

Dengan wajah bingung dan agak hati-hati, Mas Sorba menjawab,

“Loh, kita nih di Surabaya aja loh, nggak ke mana-mana lo.”

Kami hanya terpana, saling bertatapan, dan menahan tawa…

Barulah mata dan pikiran kami terbuka pada apa yang dikatakan orang-orang.

Yang Surabaya tetep dapet uang saku, dan tetap harus tidur di hotel, terserah nanti mau pulangnya naik apa . -Sorba, beberapa saat sebelum Bebe bertanya

Pusatnya Sampoerna loh di Surabaya, kok aneh malah ke Jakarta??!! -kakak kelas, alumni Best Student 2007

Kami tak begitu memperhatikan lagi briefing dari Mas Sorba. Hanya ingin pergi segera dari hadapannya. Begitu keluar dari pintu utama Sampoerna, kami tertawa terpingkal-pingkal, menyadari bahwa petualangan seru kami sudah dimulai dengan penuh tawa.

Beruntung bagi kami, 5 orang terpilih ini sudah kenal dekat. Selain 1 angkatan dan 1 peminatan penjurusan, kami pernah di organisasi dan kepanitiaan yang sama. Kami tak perlu waktu untuk adaptasi lagi. Kami punya lebih banyak waktu berkenalan dengan teman universitas lain. Ya, kami memang Mahasiswa Beruntung.

Detail acara bisa dibaca di blog Widianti Gunawan, di SINI.. Berkunjunglah..

All member, with Sampoerna CSR Team

Fun at Novotel Surabaya 🙂

We don’t see ourselves as Indonesia’s best students. I ain’t say we are lucky too. We are blessed to be part of this community. It’s only by HIS Grace.

xoxo

© Jak – 020908 ©

Advertisements

Leave Comment (s) :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s